Recent News

0

Sekilas Seni Rupa

PENGERTIAN SENI RUPA 
Definisi seni secara umum adalah segala macam keindahan yang diciptakan oleh manusia. Cabang-cabang seni terdiri dari seni rupa, seni musik, seni tari, seni drama, dan seni sastra. Seni rupa adalah ungkapan perasaan yang dituangkan melalui media garis, bidang, bentuk, warna, tekstur dan gelap terang. Seni rupa merupakan cabang seni yang disebut juga seni visual, karena penggambaran seni berwujud bentuk-bentuk yang dinikmati melalui indra penglihatan.

RAGAM SENI RUPA
SENI KRIYA
Seni kriya sering disebut dengan istilah Handycraft yang berarti kerajinan tangan. Seni kriya termasuk seni rupa terapan (applied art) yang selain mempunyai aspek-aspek keindahan juga menekankan aspek kegunaan atau fungsi praktis. Artinya seni kriya adalah seni kerajinan tangan manusia yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan peralatan kehidupan sehari-hari dengan tidak melupakan pertimbangan artistik dan keindahan.

Jenis-jenis seni kriya di nusantara :
  • Seni kerajinan kulit, adalah kerajinan yang menggunakan bahan baku kulit. Baik kulit yang sudah dimasak, kulit mentah, maupun kulit sintetis. Contoh : tas, sepatu, wayang, dll.
 Contoh kerajinan kulit :
Tas kulit

Sepatu kulit
      Wayang kulit
    • Seni kerajinan logam, ialah kerajinan yang menggunakan bahan logam seperti besi, perunggu, emas, perak. Sedangkan teknik yang digunakan biasanya menggunakan sistem cor, ukir, tempa atau sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Contohnya pisau, barang aksesoris, dan lain-lain.
    Contoh kerajinan logam :
      Kerajinan dari besi

      Kerajinan dari emas

      Kerajinan dari perak
      Kerajinan dari perunggu


      • Seni ukir kayu, yaitu kerajinan yang menggunakan bahan dari kayu yang dikerjakan atau dibentuk menggunakan tatah ukir. Kayu yang biasanya digunakan adalah: kayu jati, mahoni, waru, sawo, nangka dan lain-lain. Contohnya mebel, relief dan lain-lain.
        Contoh seni ukir kayu :
          Relief

          Seni ukir khas Bali

          Topeng
          • Seni kerajinan anyaman, kerajinan ini biasanya menggunakan bahan rotan, bambu, daun lontar, daun pandan, serat pohon, pohon pisang, enceng gondok, dll. Contohnya: topi, tas, keranjang dan lain-lain. 
          Contoh kerajinan anyaman :
            Anyaman

            Tikar anyaman pandan



            • Seni kerajinan batik, yaitu seni membuat pola hias di atas kain dengan proses teknik tulis (casting) atau teknik cetak (printing). Contohnya: baju, gaun dan lain-lain.
             Contoh kerajinan batik :
              batik basurek
              batik khas bengkulu
              Batik betawi

              Batik cirebon

              Batik pariangan

              Nampan bermotif batik

              Kipas batik

              Gitar motif batik

              • Seni kerajinan keramik, adalah kerajinan yang menggunakan bahan baku dari tanah liat yang melalui proses sedemikian rupa (dipijit, butsir, pilin, pembakaran dan glasir) sehingga menghasilkan barang atau benda pakai dan benda hias yang indah. Contohnya: gerabah, piring dan lain-lain.
              Contoh kerajinan keramik :

                Guci keramik

                Keramik Cina

                Vas bunga keramik

                SENI PATUNG
                Seni patung adalah cabang seni rupa yang hasil karyanya berwujud tiga dimensi. Biasanya diciptakan dengan cara memahat, modeling (misalnya dengan bahan tanah liat) atau kasting (dengan cetakan).

                Jenis Patung :
                • Patung figuratif atau realis, adalah patung yang merupakan tiruan dari bentuk alam (manusia, binatang, tumbuhan).  patung ini tampak nyata dalam perwujudannya.
                Contoh patung figuratif :
                "I TO DAY"

                "Discus thrower" karya Myron

                "The Thinker" karya Aguste Rodin

                "Horse sculpture" karya Leonardo da Vinci

                • Patung non figuraif atau imajinatif, adalah patung yang secara umum sudah banyak meninggalkan bentuk-bentuk alam untuk perwujudannya (abstrak)
                Contoh patung imajinatif :

                "Fire and Ice" karya Kristen Fogarty


                "Flat Monkey"
                "Burger stone" karya Komroden

                SENI GRAFIS
                Seni grafis merupakan cabang dari seni rupa yang berdimensi dua. Berdasarkan dimensinya, seni grafis sama dengan seni lukis. yang membedakan adalah dari segi pembuatannya. Seni grafis dibuat dengan teknik mencetak.

                Contoh seni grafis :
                Gambar yang disablon pada kaos


                Gambar yg disablon pada kipas

                Inilah sekilas penjelasan singkat mengenai seni rupa, sampai jumpa di lain kesempatan ^^.

                0 komentar:

                Posting Komentar

                Back to Top